Manfaat Kaki Ayam / Ceker Ayam

Orang indonesia boleh dibilang banyak yang sangat menyukai kaki ayam atau yang lebih di kenal dengan ceker ayam. Banyak masakan yang olahannya berdasarkan kaki ayam atau ceker ayam.

Banyak yang berpendapat di kaki ayam atau di ceker ayam tidak ada vitaminnnya karena kaki ayam atau ceker ayam tidak berdaging. Dan ada yang berpendapat bagian daging ayam  yang bergizi tentulah dagingnya, sementara kaki ayam atau ceker ayam tidak lah berdaging.  Namun banyak orang yang tetap dengan pendapatnya bahwa daging ayam banyak manfaat nya dan kaki ayam atau ceker ayam tetap di masukkan kedalam olahan masakannya.

Dalam ceker ayam banyak  mengandung protein yang  terdapat pada kulit, tulang, otot dan kolagen. Kolagen adalah salah satu protein jaringan ikat yang liat dan berwarna kekuning-kuningan. Kalau kena panas kolagen akan mencair menjadi cairan yang agak kental seperti lem. Susunan utama pada ceker ayam adalah asam amino yaitu komponen dasar protein. Di dalam asam amino antara lain terdapat glisin-prolin, hidroksiprolin-agrin-glisin. Ceker ayam juga mengandung zat kapur dan sejumlah mineral.

Manfaat Kandungan Pada Ceker Ayam Untuk Kesehatan:

  1. Kandungan zat kolagen (chicken collagen extract) pada ceker ayam setara aktivitasnya dengan obat antihipertensi golongan ACE-inhibitor. Kolagen ceker ini bisa menurunkan kadar rennin dalam plasma,sehingga tidak mengungkit tekanan darah menjadi lebih tinggi.Buat Penderita Tekanan Darah tinggi sangat di anjurkan.
  2. Kandungan zat Kapur dan sejumlah Mineral, sehingga orang yang menderita rematik dianjurkan makan ceker ayam,Yang jelas, makan Ceker ayam secara rutin mulai dianjurkan bagi penderita rematik.
  3. Kandungan Hydroxyapatite yaitu salah satu makanan untuk tulang. Karena itu, mengkomsumsi cakar ayam selain dapat memelihara kekuatan tulang, Mencegah Osteoporosis juga menjaga elastisitas kulit.
  4. Kandungan Protein Kolagen dalam ceker Ayam juga sangat bagus buat pertumbuhan balita.Karena protein kolagen ayam memiliki antigen yang bersifat imunogenik yang mampu menghasilkan antibodi.

Zat-zat bermanfaat yang terkandung dalam ceker ayam:

Asam amino

Merupakan kandungan utama dari ceker ayam. Asam amino yang terdapat dalam ceker ayam antara lain: glisin,prolin,hidroksiprolin,agrinin dan lisin. Asam amino ini berfungsi untuk membentuk sel-sel baru, memperbaiki jaringan, membentuk antibodi atau daya tahan tubuh, serta menyelaraskan enzim dan hormon.

Kolagen

Kolagen adalah sejenis protein jaringan ikat yang liat dan bening kekuning-kuningan. Jika terkena panas, seperti proses memasak, kolagen akan mencair menjadi cairan yang agak kental seperti lem.

Kolagen memiliki antigen yang bersifat imunogenik dan baik untuk penderita rematik. Kolagen juga terbukti berkhasiat untuk penyembuhan luka, kesehatan lambung serta pertumbuhan kuku, rambut, dan kecantikan kulit kita.

Kalsium

Kalsium funsinya banyak sekali bagi tubuh. Antara lain mencegah penyakit jantung, melancarkan peredaran darah, sebagai mineralisasi gigi, melenturkan otot, mengatasi kram, sakit pinggang serta meminimalkan osteoporosis pada wanita hamil dan menopause

Kartilago

Kita menyebutnya tulang rawan. Kadarnya di ceker ayam sama dengan yang terdapat di sirip ikan hiu. Berfungsi untuk melapisi persendian dan Diyakini para ahli mampu memperbaiki kekebalan tubuh serta mencegah kanker

Hydroxyapatite

Merupakan salah satu mineral alami yang menjadi penyusun dalam komponen utama tulang dan gigi kita.

Glukosamin dan kondroitin

Dua senyawa yang berkhasiat sebagai antiradang alami yang bisa meringankan gejala radang sendi atau osteoarthritis.

Kandungan gizi ceker ayam per 100 gram:

              Zat gizi                                                                      Jumlah

  • Energi (kkal)                                                               150
  • Protein (g)                                                                    19
  • Karbohidrat (g)                                                          0,4
  • Lemak (g)                                                                      8
  • Vitamin A (IU)                                                           100
  • Asam folat (mkg)                                                       86
  • Kolin (mg)                                                                    13
  • Kalsium (mg)                                                              88
  • Fosfor (mg)                                                                  83
  • Asam lemak omega-3 (mg)                                    187
  • Asam lemak omega-6 (mg)                                    2.571

Dari Manfaat Ceker Ayam Untuk Kesehatan diatas betapa pentingnya bagi kita untuk mengetahui apa kandungan dan apa manfaat dari apa yang kita makan dalam kehidupan sehari-hari, makanan sehat sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia, mulailah hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan sehat.

sumber: zenwid

Comments are closed.

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: