Woow Ceker Ayam

WOOW…CEKER AYAM

Enak bu, nambah lagi….itu yang biasa di teriakaan anak anak jika dia menyukai makanan yang dia makan dan ingin minta nambah. Kaki Ayam atau Ceker merupakan salah satu makanan yang paling digemari anak-anak. Selain rasanya yang gurih, kaki ayam pun memiliki kandungan gizi yang sangat bermanfaat untuk tumbuh kembang anak-anak diantaranya protein, kolagen, kalsium, omega-3 dan omega-6. Agar nilai gizi dari kaki ayam ini dapat dikonsumsi secara optimal hendaknya kita mengetahui cara memilih, mengolah dan memasaknya yang baik.

Cara Memilih Kaki Ayam :

  • Pilihlah kaki ayam dengan kondisi masih bagus, yaitu segar dan berwarna    cerah, mengkilap, Sebaiknya tidak ada bagian yang cacat atau bersisik hitam.
  • Tidak lengket saat dipegang atau mengeluarkan aroma yang tidak sedap.
  • Jika  kita  membeli  kaki  ayam  di supermarket  biasanya  warna  kaki  ayam  agak kemerahan Disebabkan  proses penyimpanan di suhu dingin (freezer) yang akan kembali normal setelah didiamkan beberapa saat di suhu ruangan.

Cara Mengolah Kaki Ayam :

  • Pisahkan kulit tipis yang menutupi kaki ayam dengan cara memotong bagian kukunya lalu merendamnya dengan air panas selama kurang lebih 1 menit. Setelah itu, kulit dapat ditarik atau dikupas perlahan-lahan. Jangan merendamnya atau merebusnya terlalu lama karena akan kulit tipis tersebut semakin sulit dikelupas.
  • Bersihkan kulit kaki ayam yang tipis tersebut jika Anda hendak mengolahnya menjadi kerupuk atau yang lainnya.
  • Kaki ayam dapat disimpan di dalam kulkas, baik dalam keadaan mentah maupun matang. Kaki ayam yang masih mentah sebaiknya dibungkus dengan plastik sebelum disimpan dalam freezer. Jika akan diolah, kaki ayam tersebut dikeluarkan dari freezer dan dibiarkan melunak dengan sendirinya. Kaki ayam yang matang dapat dibungkus dengan wadah yang higienis.

Cara Memasak Kaki Ayam :

  • Kaki ayam dapat dimasak dalam keadaan utuh atau dipotong-potong, tergantung selera. Kaki ayam lebih baik dibiarkan dalam keadaan utuh jika akan diolah dengan cara kering, yaitu digoreng atau tanpa kuah tetapi jika akan diolah dengan cara berkuah, kaki ayam sebaiknya dipotong menjadi tiga bagian agar mudah disantap.
  • Bila hendak mengambil kaldunya untuk pembuatan sup atau bubur bayi, kaki ayam utuh sebaiknya diiris-iris, dipotong-potong, atau dipukul-pukul hingga memar. Agar kaldu tidak berbau amis, rebuslah dengan menambahkan satu ruas jahe dan satu batang daun bawang.
  • Kaki ayam sebaiknya dimasak hingga benar-benar lunak, bila perlu hingga bagian kulit terlepas dari tulangnya.
  • Untuk kaki ayam goreng, tiriskan kaki ayam yang telah direbus beberapa saat hingga agak kering. Setelah itu baru digoreng dengan api kecil agar terhindar dari letupan minyak yang mendidih ketika menggorengnya.

Comments are closed.

%d bloggers like this: