PENGARUH AYAM SUNTIKAN TERHADAP TUBUH MANUSIA

PENGARUH AYAM SUNTIKAN TERHADAP TUBUH MANUSIA

 

Kebebasan masyarakat dalam mengolah makanan sangat rendah.Manusia hanya insan lemah yang hanya bisa mengandalkan trik yang kurang memperhatikan resikonya.Masyarakat sangat terobsesi dengan keuntungan yang banyak.Pemikiran masyarakat menjadi rendah dan sulit meninggalkan kebiasaan buruk.

Pertumbuhan masyarakat semakin maju,teknologi makin canggih.daya cipta makin bertambah.kebutuhan masyarakat makin banyak.Apabila masyarakat diberi kebebasan yang lebih,mungkin ada yang memanfaatkan untuk bertindak yang tidak baik,keliru menyalahgunakan tindakan tersebut.

Kesehatan Indonesia belum mencapai peringkat yang baik..Gizi diIndonesia masih buruk,Manusia mengolah makanan hanya untuk mencari keuntungan bukan untuk memperbaiki kualitas kesehatan manusia.Maraknya perdagangan ayam suntik, memaksa Dinas Perikanan dan Peternakan (Disnakan) setempat menggelar razia, dibeberapa pasar.Namun menjelang Lebaran ini justru ramai dijualbelikan di pasar karena harganya lebih murah. Bahkan, pedagang jarang yang menjual ayam tanpa suntik, kecuali ada pesanan khusus.

Para pedagang dan pembeli tidak mengetahui,zat apa yang terkandung didalam ayam tersebut,padahal ayam tersebut jelas-jelas mengandung lemak yang berlebihan dan mengandung kadar air yang banyak.

Kecenderungan masyarakat memilih ayam basah mungkin juga karena terbatasnya ekonomi masyarakat dan karena harga-harga semakin naik dalam menjelang Lebaran.

Ambisi para pedagang untuk meraih keuntungan lebih,membuat para pedagang yakin dengan membuat jalan pintas merupakan jalan terbaik.Ayam suntikan yang lebih dikenal dengan ayam basah mempunyai kadar lemak yang berlebihan,dan bakteri yang terkandung lebih banyak.Pengawasan mutu pangan diIndonesia kurang begitu baik,hal ini disebabkan karena masyarakat hanya ingin mencari keuntungan,murah harga dan kelezatan makanan tersebut,tetapi tidak memperhatikan resiko dari makanan yang dikonsumsinya.Tradisi penjualan Ayam suntikan biasanya meledak pada saat bulan Ramadhan datang. Dan itu semua udah menjadi tradisi para penjual ayam suntikan.

Lemak yang terdapat pada ayam tersebut bisa menyebabkan Manusia menderita penyakit asam urat,saraf dan impotensi pada jantung.

Namun para pembeli juga tidak begitu memperhatikan resikonya,tapi mereka hanya mengandalkan kenikmatan saat daging itu diolah dan harganya yang brelatif murah.

Adapun ciri-ciri Dari Ayam suntikan tersebut antara lain:

  1. Ayam banyak mengandung Air.
  2. bila digantungkan ayam tersebut meneteskan air.
  3. Berat ayam menjadi bertambah drastis.
  4. Ayam saat digoreng akan menyusut dan daging menjadi mudah gosong.

Masyarakat harus memulai hidup sehat dan meninggalkan cara mengkonsumsi makanan yang salah.

Masyarakat harus sadar bahwa makan yang dikonsumsi sehari-hari harus steril dan dalam penyajiannya harus dilakukan dengan cara yang halal.

Jangan melihat makanan dari harganya saja,tapi lihatlah dari segi mutu dan kualitasnya.

 

Pustaka Acuan

http://www.google.com

http://www.pikiran-rakyat.com

Posted in Tentang Ayam

Tags:

Permalink

Comments are closed.

%d bloggers like this: