Tips Menyimpan Ayam Dalam Freezer

Tips Menyimpan Ayam Dalam Freezer

Pembekuan Ayam Potong adalah proses mengawetkan produk ayam potong fresh dengan cara mengubah hampir seluruh kandungan air dalam daging ayam potong menjadi es. Dalam kondisi beku atau frozen ayam potong dapat disimpan dalam jangka waktu yang panjang karena aktivitas hidup mikrobiologi menjadi terhambat.

Tips menyimpan Ayam Potong dalam Freezer :

1.Pisahkan Daging Ayam Potong dari Joroannya ( Rempela, Ati , Usus, Tembolok, dan Paru paru) karena joroan mempercepat terjadinya proses pembusukan oleh mikroba.

2.Bersihkan Ayam Potong Fresh dengan menggunakan air yang bersih. Hilangkan sisa darah pemotongan dalam rongga dalam ayam.

3.Setelah ditiriskan, masukkan Ayam Potong yang bersih kedalam Packing yang tertutup rapat (plastik). Packing Plastik menjaga ayam terkontaminasi dengan produk lain dan juga dapat menjaga kelembapan produk.

4.Masukkan ayam potong kedalam Freezer, dan pastikan suhu pembekuan – 18’C untuk mencapai umur simpan yg maksimum.

5.Jangan terlalu sering membuka tutup freezer karena akan membuat suhu dalam freezer tidak stabil yang menyebabkan turunnya kualitas ayam potong frozen.

6.Berilah tanggal pada packing ayam potong yang akan dibekukan tadi agar anda dapat mengatur proses pemakaian ayam potong tersebut.

 

Selamat mencoba, semoga tips ini bermanfaat bagi anda.

Comments are closed.

%d bloggers like this: